Teknik Dasar Renang

Teknik dasar berenang

Posted  10 Dilihat updated 14 hari lalu

Aftanews- 

Perenang pemula akan menemukan diri mereka messily memotong air dengan kaki mereka. Butuh untuk merasakan untuk memindahkan otot yang bergerak di perut, punggung dan pinggul untuk kekuatan anda ke tahap ke depannya.

Begitu pun, cobalah untuk membiarkan kaki muncul di belakang tubuh, dan jaga posisi yang efisien. Berjalannya waktu, hal ini akan mengurangi hambatan dari air dan akan membuat perenang yang lebih efisien. 

1. Gaya bebas

Ideal untuk latihan total-body dan memahat keseluruhan otot tubuh.

Teknik renang gaya bebas memaksa kamu untuk menjaga formasi tubuh tetap lurus dan bernapas secara ritmis di setiap kayuhan tangan dengan cara memiringkan kepala. Melakukan dorongan dengan kaki dan secara bergantian mengangkat salah satu lengan ke atas dan membawa lengan lainnya masuk ke dalam air. Ini adalah gaya berenang paling populer. Gaya bebas menggunakan otot-otot di tubuh bagian utama, lengan, leher, bahu, dada, punggung atas, dan kaki. Dengan kata lain, banyak persendian dan otot yang bekerja saat kamu berenang dengan gaya bebas. Dibandingkan gaya renang lainnya, gaya bebas sangat efektif untuk membangun dan memahat otot-otot punggung. Oh ya, jika kamu memiliki berat badan 60 kilogram, berenang dengan teknik gaya bebas bisa membantu kamu membakar 330 kalori untuk tiap 30 menitnya. 

2. Gaya dada 

 

Ideal untuk latihan otot-otot kaki dan menahan otot punggung.

Teknik renang gaya dada membuat kamu harus melakukan gerakan kaki katak saat berenang. Jadi jangan heran jika teknik ini juga biasa disebut gaya katak. Di bagian kaki, gaya berenang ini mengharuskan kamu menekuk lutut dan kemudian melakukan dorongan (tendangan) keluar. Sementara di bagian lengan, gerakan dimulai di ketinggian dada dengan satu kayuhan untuk kedua lengan. Saat kamu menerobos air dengan lengan, hal ini akan mendorong kepala keluar dari air secara alami – yang memungkinkan kamu mengambil napas. Meski kamu harus mengangkat tubuh bagian atas dari air untuk bernapas, gerakan ini cenderung terjadi secara alami ketimbang gaya kupu-kupu. Ujungnya, risiko ketegangan di punggung bawah dan tulang belakang kami jauh lebih kecil. Gerakan kaki adalah sumber tenaga utama untuk mendorong laju tubuh kamu ke depan saat berada di air. Otot-otot kaki jauh lebih banyak digunakan ketimbang lengan. Jika kamu mencari gaya berenang yang banyak menggunakan otot-otot kaki, dari hamstring, paha, hingga tungkai kaki bawah, gaya renang ini adalah pilihan kamu. Selain itu, gaya dada juga membangun otot dada serta memahat otot punggung dan trisep. Dan satu lagi nilai plus-nya, kamu bisa membakar 300-444 kalori tiap 30 menitnya, tergantung berapa berat badan kamu. 

3. Gaya kupu-kupu 

Memperkuat tubuh bagian utama dan bekerja pada otot-otot tubuh bagian atas.
Ini adalah gaya renang yang menantang kemampuan kamu di air. Saat melakukannya, kamu harus mengangkat lengan di atas kepala secara simultan dan kemudian masuk ke air untuk mendorong tubuh ke depan. Gerakan kaki yang harus kamu aplikasikan  mirip lumba-lumba – lurus dan rapat. Gaya berenang ini membangkitkan otot-otot tubuh bagian utama. Kamu perlu menggunakan kekuatan otot-otot perut untuk menstabilkan tubuh dan mendapatkan irama yang dibutuhkan gaya kupu-kupu. Gaya berenang ini juga juga menggunakan kekuatan tubuh bagian atas. Jadi... gaya kupu-kupu akan membantu kamu memahat otot lengan, dada, perut, dan punggung. Gaya berenang ini juga diklaim membantu meningkatkan postur dan membuat tubuh lebih luwes serta fleksibel. Kamu bisa membakar 330-488 kalori tiap 30 menitnya, tergantung berapa berat badan kamu. 

4. Gaya punggung 

 

Meningkatkan postur tubuh dan membuat tulang belakang bekerja. 
Secara prinsip gerakan, gaya punggung nyaris sama dengan gaya bebas. Hanya saja kamu berbaring di air menghadap ke atas, bukan ke air. Ketika memulai, posisi paru-paru sebaiknya di atas permukaan air, dan bagian tubuh lainnya di bawah permukaan air. Upayakan untuk membuat tubuh tetap berada dalam  formasi lurus. Lakukan dorongan dengan menendangkan kaki dan secara bergantian mengangkat salah satu lengan ke atas dan membawa lengan lainnya masuk ke dalam air. Gaya punggung membantu kamu memanjangkan tulang belakang, yang membuat kamu terlihat lebih tinggi. Gaya berenang ini juga mempekerjakan otot-otot bahu, kaki, lengan, pantat, dan perut. Karena gaya punggung juga membantu pinggul, teknik ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sering duduk di kursi dalam waktu lama. Dengan berenang menggunakan gaya punggung, kamu bisa membakar 240-355 kalori tiap 30 menitnya, tergantung berapa berat badan kamu.

Tidak ada salahnya menguasai lebih dari satu gaya renang karena sangat membantu untuk kamu tetap bugar dan mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Memang masing- masing gaya atau teknik renang memiliki manfaat yang berbeda. Seperti misalnya gaya dada yang dapat membantu anda dalam merilekskan tubuh dan meregangkan otot.

Gaya bebas yang bermanfaat untuk melatih otot dan melatih pernafasan. Gaya punggung yang dapat membantu kelenturan tubuh dan menambah tinggi badan.

Terakhir gaya kupu- kupu atau dolphin stroke yang bermangaat untuk melangsingkan tubuh dan melatih otot lengan. Dari berbagai teknik gaya berenang tersebut tentunya anad ingin dapat menguasai minimal salah satunya. 

Sejarah renang 

 

Olahraga renang sudah ada sejak abad 19 di london, sekitar tahun 1837-an, hanya ada 6 kolam renang di kota itu. Popularitas renang terus berkembang, dan di tahun 1869 beberapa asosiasi mulai muncul.

Popularitas kejuaraan berenang sederap dengan kebangkitan Olinpyade dan tercantum sebagai olahraga modern di Anthena pada tahun 1896.

Semakin berkembangnya olahgara renang sampai ke Indonesia, kota Bandung adalah kota yang mengawali kegiatan olahraga renang di Indonesia.

Hal ini dibuktikan melalui pembangunan kolam renang Cihampelas pada tahun 1904. di sisi itu, sebelum kemerdekaan terdapat beberapa kolam renang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lainnya.

Karena adanya beberapa kolam renang, Perkembangan cabang olahraga tersebut ditandai dengan bentuknya perkumpulan-perkumpulan renang, antara lain Bandungsche Zwembond atau perserikatan renang Bandung dari tahun 1917.


Emoticon Anda?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Komentar