Ini Manfaat Olah Raga Setiap Hari

Tips sehat dengan olah raga sederhana setiap hari

Posted  14 Views updated 10 days ago

Aftanews- Tak perlu banyak waktu, apalagi bagi kamu yang sibuk, sebab menyisihkan waktu hanya 30 menit dalam sehari untuk olahraga mampu membawa manfaat sehat berikut ini. 

Mengurangi stres
Harimu melelahkan dan penuh tekanan? Lakukan olahraga karena olahraga akan memproduksi zat kimia di otak yang disebut dengan norepinephrine. Zat ini mampu mengatasi stres.

Meningkatkan memori
Kemampuan mengingat dan olahraga saling berkaitan. Semakin banyak kamu olahraga, maka semakin banyak produksi sel di otak bagian hippocampus. Hal ini membuat kemampuan mengingat pun makin menguat. 


Meningkatkan energi
Berlawanan dengan mitos yang menyebutkan bahwa olahraga menguras energi, justru olahraga bermanfaat untuk meningkatkan energi dalam tubuhmu. Sebabnya olahraga akan memulihkan kembali suplai oksigen yang kemudian membuat energi meningkat.

Menyehatkan jantung
Khawatir dengan ancaman serangan jantung? Rajinlah melakukan olahraga meski hanya 30 menit dalam sehari. Olahraga sendiri sudah terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik dan menekan kolesterol buruk yang jadi penyebab munculnya sakit jantung. 

Menurunkan berat badan
Rahasia sederhana dari turunnya berat badan selain menjaga pola makan adalah olahraga. Dengan olahraga, sistem metabolisme tubuh meningkat dan tumpukan lemak terbakar.

Menjaga tekanan darah
Penelitian menunjukkan bahwa saat kamu rajin olahraga, maka risiko untuk terkena hipertensi akan menurun hingga 29%.

Mengurangi risiko diabetes
Olahraga bisa menghindarkanmu dari diabetes sebab olahraga membuat kerjapankreas di tubuh jadi lebih ringan. 

Lalu apa Manfaat Olahraga lainya?

Scott Lear dari St Pauls’s hospital, Negara Kanada, juga melakukan penelitian dalam skala besar, tidak tanggung-tanggung para sukarelawan yang mau ikut dalam penelitian ini melaporkan rutinitas kegiatan olahraga yang mereka lakukan setiap hari. dan hasil dari penelitian itu kemudian dipublikasikan di jurnal The Lancet. Orang yang selalu melakukan olahraga setiap hari akan mengurangi risiko mati muda akibat penyakit. Selain itu juga terhindar dari penyakit kegemukan, penyumbatan pada pembuluh darah dan juga gangguan jantung dan penyakit stoke. Memang selain olahraga kita juga perlu makan makanan yang sehat termasuk buah buahan. 

Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengalami pembentukan otot. Kalau kebutuhan protein harian terpenuhi, proses ini akan berjalan dengan lancar sehingga Anda bisa memiliki otot yang besar dan metabolisme di dalam tubuh mengalami peningkatan.

Selanjutnya, melakukan olahraga secara rutin juga bermanfaat untuk tubuh khususnya tulang. Angkat beban, lari, dan olahraga permainan lain bisa meningkatkan kepadatan dari tulang. Dampaknya, Anda tidak akan mengalami osteoporosis dan gangguan tulang lainnya. 

Membiasakan diri untuk latihan secara reguler

Melakukan olahraga mungkin mudah dilakukan setiap harinya. Namun, tidak semua orang mampu melakukannya dengan konsisten hingga target yang diinginkan tercapai. Berikut beberapa cara untuk membiasakan diri.

Pasang target yang pas dan tidak berlebihan. Misal Anda ingin bisa melakukan lari jarak jauh atau maraton. Selama bulan pertama training, Anda tidak perlu terobsesi bisa lari hingga 2 km atau lebih. Nikmati saja prosesnya dengan baik agar tidak merasa tertekan dengan apa yang sudah dilakukan.

Selalu mengikut setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Misal Anda ingin menurunkan berat badan. Segera lakukan pencatatan kalau ada perubahan pada berat badan atau lingkar tubuh. Pencatatan ini akan membuat Anda semakin semangat untuk berolahraga setiap harinya.

Carilah pasangan untuk berolahraga. Melakukan aktivitas ini sendirian saja bisa membuat Anda jadi mudah bosan. Bahkan, baru beberapa kali melakukannya bisa bosan dan akhirnya olahraga tidak dilakukan lagi.

Tahu intensitas olahraga yang dilakukan. beberapa olahraga dengan intensitas tinggi biasanya dilakukan 3 kali dalam seminggu. Sementara itu olahraga yang intensitasnya rendah dan sedang bisa dilakukan sebanyak 5 kali agar waktu istirahat masih ada.

Buat target jangka panjang. Misal Anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Lakukan hal ini agar motivasi masih tetap ada dan tidak bingung mau melakukan apa setelah beberapa target awal sudah tercapai.

Latihan secara reguler boleh saja dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan manfaat nyata dari aktivitas fisik ini. Pastikan untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan fisik dari tubuh terkini. Kalau memang hanya kuat berolahraga selama 3 hari seminggu tidak masalah. Sebaliknya kalau kuat hingga 5 hari jangan bermalas-malasan.


Your reaction?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Comments