Ini Manfaat Dan Tujuan Olahraga Yang Harus Kamu Tau

Manfaat olah raga

Posted  62 Views updated 2 months ago

Aftanews-  Tujuan Olahraga
          Setiap orang yang melaksanakan aktivitas olahraga pastinya memiliki tujuan-tujuan yang beragam. Ada yang sekedar hoby, ada yang untuk menurunkan berat badan, ada yang ingin otot-ototnya bertambah besar, ada yang berolahraga untuk bermain, ada untuk memulihkan kondisi tubuhnya karna sakit, ada orang yang berolahraga karna merupakan salah satu mata pelajaran disekolahnya, ada untuk mengikuti kejuaraan seperti PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES dan masih banyak lagi tujuan-tujuan orang melaksanakan olahraga.
Dengan demikian, olahraga dilihat dari tujuannya dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

Olahraga Pendidikan, digunakan dalam kurikulum pendidikan

Olahraga Rekreasi, digunakan untuk bersenang-senang, bergembira

Olahraga Prestasi, digunakan dalam kejuaraan, dilombakan

Olahraga Rehabilitas, digunakan untuk memperbaiki keadaan tubuh seseorang

Manfaat Olahraga
         Olahraga tentunya memiliki manfaat bagi seseorang yang melaksanakannya. Manfaat tersebut yaitu meningkatkan percaya diri seseorang, memperlanjar peredaran darah, meningkatkan kinerja otak, mengurangi resiko setres, meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Percaya Diri Seseorang, mengapa demikian? Karena seseorang yang mahir dalam suatu bidang akan meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut. begitu juga halnya dengan olahraga.

Memperlancar Peredaran Darah. aktivitas gerak yang dilakukan secara teratur dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga orang yang rutin berolahraga tidak akan mengalami penyakit tekanan darah ataupun struk.

Meningkatkan Kinerja Otak, olahraga yang teratur dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, koordinasi serta mental. Karena olahraga dapat meningkatkan suplai oksigen keotak melalui peredaran darah yang semakin lancar.

Mengurangi Resiko Stress, stres merupakan kondisi seseorang yang merasa gelisah terhadap sesuatu. kegelisahan ini dapat dikurangi dengan olahraga berjenis aerobik dominan seperti, berjalan, jogging, mendaki, senam.

          Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, orang yang bugar adalah orang yang sehat, kalau sudah sehat pasti sulit untuk sakit. Karena orang yang bugar memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik akibat dari peningkatan kemampuan hormon-hormon dalam tubuhnya.
          Manfaat olahraga bagi tubuh manusia dapat membantu melindungi dari penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, osteoporosis, nyeri punggung, dan dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress selain dari manfaat yang telah di sebutkan di atas, olahraga juga bisa membentuk otot- otot yang ada di dalam tubuh manusia baik yang menginginkan bentuk tubuh yang berotot juga bisa menjaga stamina tubuh agar selalu fit.

          Agar manfaat yang dicapai lebih maksimal, para ahli merekomendasikan untuk melakukan 20 sampai 30 menit aktivitas aerobik tiga kali atau lebih dalam seminggu serta berbagai kegiatan olahraga lainnya untuk menguatkan otot dan peregangan setidaknya dua kali seminggu. Namun, jika tidak bisa melakukan kegiatan berolahraga setiap hari bisa menggantinya dengan melakukan kegiatan sehari-hari dengan mengumpulkan 30 menit atau lebih dengan melakukan kegiatan mengepel.


Your reaction?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Comments