Berikan Kebebasan Anak Untuk Bermain Dan Menentukan Hobinya

Hobi anak

Posted  23 Views updated 17 days ago

Aftanews- Ingin menjadi sosok yang di idolakannya adalah karakter anak-anak meskipun keinginannya sangat mustahil, misal ingin jadi Superman atau Sosok pemain bola yang terkenal di dunia film anak Kapten Tsubasa yang memiliki tendangan ajaib, dan kostumnya pun mereka tiru seperti halnya tokoh yang di idolakan. Tentu kita sebagai orang tua menjadi bagian peran penting untuk menjaga anak kita tetap bahagia dan menyalurkan semua keinginannya untuk bermain dan menentukan hobi nya, 

Kebebasan meskipun kebebasan itu tidak lepas dengan pantauan/bimbingan orang tua sebagai orang yang mempunyai hak seutuhnya untuk mendidik, membimbing agar besar nanti menjadi orang yang berguna bagi dirinya, Keluarga, Agama, Bangsa dan Negara.

Bersepeda bersama, main kelereng, sampai bermain Game Play Station merupakan hal yang sering di lakukan untuk mengisi hari-harinya bersama teman sebayanya itu adalah kebutuhan anak-anak setelah mereka belajar baik yang bersipat formal maupun non formal, meskipun mereka kadang menjengkelkan karena sering lupa waktu dan membuat gaduh masyarakat setempat dengan prilakunya. 

Prilaku demikian adalah prilaku yang wajar karena itu massanya mereka, jika prilaku mereka ingin seperti prilaku orang dewasa itu hal yang perlu kita pertanyakan, karena zaman sekarang adalah zamannya di mana informasi mereka bisa dapatkan baik melalui Internet maupun televisi yang akan mempengaruhi prilaku mereka yang tidak sesuai dengan usianya. 

Maka dari sini mereka akan timbul hobi yang mereka sukai, Misalnya hobi menggambar, bermain sepak bola, bulu tangkis, Sikap anak seperti ini yang nantinya akan mempengaruhi kehidupannya di masa yang akan datang, Peran orang tua jangan sampai memaksakan atau melarang anak untuk menentukan hobinya , Jika anak hobi bermain musik lalu orang tua memaksa agar anaknya untuk hobi sepak bola , Tentu ini akan berdampak tidak baik untuk pendidikan karakter anak sejak dini. 

Biarkan mereka menentukan pilihannya dari segi hobi dan prilaku yang positif. Dan peran orang tua tetap harus mendukungnya selama hobi dan keinginannya menjadi tetap bermanfaat di masa yang akan datang.

 


Your reaction?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Comments