Belajar Menabung Sejak Usia Remaja

Menabung sejak dini

Posted  9 Dilihat updated 13 hari lalu

Aftanews- Kali ini aftanews akan mengulas tentang cara menabung dengan benar bagi pelajar. Menabung sebagai salah satu metode manajemen keuangan pribadi (personal finance) perlu diketahui dan ditanamkan mulai sejak dini pada anak-anak. Menabung sebagai pondasi dasar yang kokoh dalam manajemen keuangan pribadi nantinya seiring berjalannya usia dan tingkat pengetahuan pelajar akan bisa dikembangkan ke arah investasi dan pengelolaan keuangan lainnya. Mengingat betapa pentingnya menabung ini maka sangat perlu sekali bagi pelajar untuk melaksanakannya. 

Tentunya tulisan kali ini berusaha untuk lebih memfokuskan pada langkah-langkah yang bisa dijalankan oleh siswa-siswa Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan.

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan dalam rangka kegiatan menabung anak sekolah dan pelajar. 

1. Menentukan Tujuan Menabung dan Target

Menabung yang benar adalah dengan memiliki tujuan yang jelas mau diapakan uang yang akan dikumpulkan itu. Untuk pelajar mungkin tujuan menabung adalah untuk membantu ayah bunda membeli buku pelajaran, untuk membantu ayah bunda membayar SPP, untuk membeli HP (HandPhone), atau untuk biaya mengikuti karyawisata di akhir semester. Apabila sudah jelas tujuannya untuk apa mengumpulkan uang dalam bentuk tabungan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target jumlah uang yang dikumpulkan. Target jumlah uang yang akan dikumpulkan ini nanti akan menentukan seberapa besar yang harus dikumpulkan perhari, perminggu, atau perbulan. Berkaitan dengan pentingnya penentuan tujuan. 

2. Menabung Secara Manual

Cara yang umum dan paling mudah dilakukan adalah dengan menabung secara manual dengan menggunakan alat penyimpan uang tabungan. Paling umum dikenal adalah dengan cara menabung di celengan. Berbagai macam bentuk celengan ini banyak dijual di toko-toko. Bahkan kita bisa menabung dengan minyimpan uang kita pada apapun itu seperti pada kaleng, toples, botol air mineral, galon air mineral, dan lain sebagainya. Meskipun cara ini manual namun banyak orang yang menerapkannya. 

3. Menabung di Guru Kelas atau Sekolah

Biasanya di jenjang Sekolah Dasar, guru kelas membantu melatih siswa-siswinya untuk menabung dengan menerima setoran uang tabungan. Cara menabung untuk anak SD ini bisa membentuk mental menabung sejak usia dini. Cara menabung uang jajan 10000 atau 5000 seperti ini biasanya tercatat pada buku tabungan kecil yang dipegang oleh siswa tersebut dan wali murid juga bisa mengetahui jumlah uang yang terkumpul. Biasanya tabungan tersebut diambil saat akan menjelang hari raya, atau bisa juga pada kesempatan lain tergantung kesepakatan wali murid dengan guru sekolah.

Cara menabung untuk anak SMP biasanya dilakukan bersama dengan membayarkan SPP. Biasanya tujuan menabung ini adalah untuk membantu menyiapkan pembayaran biaya karyawisata (study tour) pada akhir semester. Dengan menabung jauh-jauh hari sebelum pelaksaan karyawisata maka tidak akan terlalu memberatkan biaya yang harus dibayarkan. 

4. Menabung di Rekening Bank

Cara menabung untuk anak SMP dan cara menabung untuk anak SMA/SMK/MA bisa dilakukan dengan menabung di rekening Bank. Dalam hal ini biasanya bank memiliki jenis program tabungan khusus untuk pelajar. Menabung di bank tentunya akan memiliki banyak kelebihan jika dibanding dengan misalnya menabung secara manual di celengan, di toples, atau di kaleng biskuit. Dengan menabungkan uang di bank maka akan mendapatkan catatan rapi lalu-lintas uang pada buku tabungan. Selain itu tentunya menabung di bank lebih menjamin keamanan uang yang disimpan. 

Tanamkan budaya menabung sejak dini untuk putra putri kita atau adik adik kita agar kelak di masa dewasa nanti mereka memiliki jiwa yang bisa mengatur keuangan serta bisa memperbaiki ekonomi tanpa perlu bersusah payah membayar kredit bank pada saat ingin membeli property maupun kendaraan. 

 

 


Emoticon Anda?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Komentar