26 Kasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah naga serta kasiatnya

Posted  65 Views updated 2 months ago

Aftanews- Buah ini memiliki tampilan luar yang cukup unik berupa lapisan-lapisan kulit berwarna merah, merah muda, dan ada pula yang kuning. Sementara daging buahnya lembut dan berbiji lunak serta memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa langsung dimakan. Tekstur daging buahnya mirip dengan buah kiwi. Buah yang termasuk kelompok kaktus ini terdiri dari beberapa jenis salah satunya buah naga merah. Disebut demikian karena buah ini memiliki kulit yang berwarna merah dan daging buah yang berwarna merah keunguan pula. 

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting di atas ada banyak manfaat buah naga merah baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Berikut manfaat dan kasiat buah naga yang harus kamu ketahui : 

1. Menurunkan berat badan

Buah naga merah merupakan jenis buah yang tepat bagi anda yang sedang menjalani program diet karena kombinasi antara tinggi serat dan rendah kalori. Kandungan seratnya membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah konsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu nilai kalorinya yang rendah mencegah penumpukan kalori dalam tubuh sehingga menghindarkan anda dari kelebihan kalori. Makanan lain yang juga dianjurkan untuk membantu penurunan berat badan adalah manfaat kacang polong untuk diet dan manfaat alpukat untuk diet.

2. Mengatasi asam urat

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting yang dimilikinya konsumsi buah naga merah dapat membantu mengatasi penyakit asam urat. Diketahui buah ini dapat melarutkan zat purin yang menumpuk dalam tubuh penderita asam urat dan kemudian dibuang melalui keringat atau urin. 

Baca jug disini manfaat dan kasiat buah alpukat: 

https://msteam18.com/news/15-kasiat-buah-alpukat-6

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan vitamin B3 pada buah naga merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga buah ini dianjurkan bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darahnya. Kadar gula darah juga bisa dikontrol dengan menggunakan manfaat bengkoang untuk diabetes dan manfaat gula aren untuk diabetes.

4. Baik untuk penderita diabetes

Konsumsi buah naga merah dapat menjadi pilihan bagi penderita diabetes yang memiliki banyak pantangan makanan. Rasa manis alami pada buah ini tidak membahayakan atau menyebabkan peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes sehingga aman dikonsumsi.

5. Baik untuk kesehatan mata

Buah naga merah juga mengandung betakaroten sehingga berpengaruh positif pada kesehatan mata. Buah ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang bosan mengonsumsi sumber betakaroten atau vitamin A yang itu-itu saja seperti manfaat wortel dan manfaat tomat.

6. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Buah naga merah merupakan pilihan yang tepat bagi anda dan keluarga karena mengandung mineral seperti fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini memiliki banyak manfaat diantaranya menunjang kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi buah ini pertumbuhan tulang dan gigi anak berkembang dengan baik dan orang dewasa pun terhindar dari berbagai penyakit tulang dan gigi. 

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada buah naga merah sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Apalagi pada zaman sekarang dimana polusi sudah semakin tidak terkendali sehingga radikal bebas begitu mudah berkembang di dalam tubuh. Diperlukan pertahanan tubuh yang baik salah satunya dengan kadar antioksidan yang cukup untuk memerangi radikal bebas. Penuaan dini juga dapat dicegah dengan manfaat daun kenikir untuk kecantikan dan manfaat daun murbei untuk kecantikan.

8. Melancarkan pencernaan

Buah naga merah dikenal memiliki kandungan manfaat serat yang tinggi yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan. Adanya serat pada makanan yang kita makan membuat pergerakan makanan lebih lancar di dalam usus sehingga proses pencernaan makanan menjadi lancar dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

9. Baik untuk kesehatan usus

Buah naga yang tinggi serat dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga kinerja usus menjadi lebih ringan. Usus menjadi sehat dan tidak dipaksa untuk bekerja terlalu keras. Buah dan sayuran lain yang juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan usus adalah manfaat apel dan manfaat bayam bagi kesehatan.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi buah naga yang kaya vitamin dan mineral juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga pertahanan tubuh lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

11. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada buah naga merah dapat memerangi radikal bebas yang dapat menyerang sel-sel  dan DNA tubuh sehingga menyebabkan sel-sel menjadi rusak dan terjadi mutasi sel. Mutasi sel inilah yang menjadi cikal bakal berkembangnya sel-sel kanker. Untuk itu buah naga merah sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Cara lain untuk mencegah kanker adalah dengan menggunakan manfaat daun kelor untuk kanker dan manfaat air rebusan daun sirsak.

12. Membantu penyembuhan kanker

Tidak hanya mencegah, konsumsi buah naga juga bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan pada penderita kanker. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin B kompleks yang dimilikinya sehingga terapi yang dijalani dapat berjalan lancar. 

13. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang selama ini dianggap negatif dan berbahaya bagi kesehatan sebenarnya diperlukan oleh tubuh dan memiliki manfaat. Namun kadarnya yang berlebihanlah yang harus dihindari agar tidak menumpuk dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Untuk itu buah naga merah dapat menjadi salah satu camilan sehat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol juga dapat diturunkan dengan manfaat daun kersen untuk kolesterol dan manfaat nanas untuk kolesterol.

14. Meredakan batuk

Kandungan vitamin B3 pada buah naga merah juga sangat efektif untuk meredakan batuk. Anda dapat menjadikan buah ini sebagai obat pereda batuk alami tanpa efek samping. Namun jika batuk yang diderita tidak kunjung reda ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

15. Meredakan asma

Penyakit pernapasan lain yang juga dapat diatasi dengan manfaat buah naga merah adalah asma. Penyakit yang sifatnya kambuhan ini biasanya terpicu oleh faktor-faktor tertentu seperti debu dan udara dingin. Untuk itu penting bagi penderita asma untuk menghindari faktor-faktor pemicunya sekaligus menyediakan dan mengonsumsi buah naga merah untuk membantu meredakan asma. Cara lain meredakan asma adalah dengan manfaat buah aprikot dan manfaat daun intaran.

16. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi di atas normal dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu penting bagi semua orang terutama penderita hipertensi untuk menjaga tekanan darahnya agar tetap normal. Salah satunya dengan mengonsumsi buah naga merah yang memiliki kandungan vitamin B3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

17. Mencegah osteoporosis

Rutin mengonsumsi buah naga merah sangat baik dilakukan selagi muda karena dapat mencegah timbulnya osteoporosis yang biasanya dialami oleh orang tua. Penyakit ini menyebabkan tulang mudah keropos dan mengalami keretakan karena kepadatan tulang yang mengalami penurunan. Osteoporosis juga dapat dicegah dengan manfaat pete untuk tulang dan manfaat kolang kaling.

18. Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh konsumsi buah naga merah yang kaya vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit sehingga kulit anda sehat dan terlihat lebih cantik. Tidak heran jika buah ini disukai oleh kaum wanita, selain rasanya yang manis buah ini juga kerap diolah menjadi ramuan kecantikan dari luar.

19. Mengatasi panas dalam

Panas dalam dapat dialami oleh siapa saja. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurang konsumsi serat, cairan, vitamin, atau berbagai penyebab lainnya. Untuk mengatasinya ada berbagai minuman siap konsumsi yang tersedia. Namun jika anda ingin cara yang lebih alami dan enak maka konsumsi buah naga merah dapat menjadi pilihan untuk meredakan panas dalam. Cara lain mengatasi panas dalam adalah dengan menggunakan manfaat lo han kuo dan manfaat selasih.

20. Melancarkan ASI

Kelancaran ASI atau air susu ibu penting sekali agar bayi mendapat asupan makanan yang cukup dan memiliki sistem imun yang baik. Oleh karena itu ibu yang sedang menyusui disarankan untuk mengonsumsi buah naga merah yang kaya nutrisi yang salah satunya bermanfaat untuk melancarkan ASI. 

21. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar bisa dikatakan sebagai salah satu kunci kesehatan. Untuk itu sangat dianjurkan mengonsumsi buah naga merah yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga oksigen dan sari makanan bisa diangkut ke seluruh tubuh. Kesehatan tubuh pun terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Manfaat buah cepokak juga bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah.

22. Menghilangkan jerawat

Selain dikonsumsi langsung, buah naga merah juga dapat diolah menjadi masker wajah yang tidak hanya mempercantik dan menyehatkan wajah namun juga membantu menghilangkan jerawat membandel pada wajah.

23. Pewarna alami makanan

Manfaat buah naga merah yang tidak kalah penting adalah dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan sehingga makanan seperti agar-agar atau kue bolu terlihat lebih cantik tanpa perlu menggunakan pewarna buatan sehingga lebih sehat. Tumbuhan atau bahan makanan lain yang juga kerap dijadikan pewarna alami adalah manfaat daun pandan dan manfaat beras hitam.

24. Baik untuk kesehatan saraf

Buah naga merah dikenal kaya akan vitamin B sehingga bermanfaat untuk mendukung pemeliharaan dan pembentukan sel-sel saraf. Dengan ini kesehatan saraf terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit saraf.

25. Mencegah peradangan

Rajin mengonsumsi buah naga merah juga dapat mencegah timbulnya peradangan pada berbagai anggota tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan senyawa flavonoid pada buah naga merah yang dapat menghambat berkembangnya sel-sel radang. Peradangan juga dapat dicegah dengan manfaat daun pohpohan dan manfaat daun inggu.

26. Meningkatkan nafsu makan

Kandungan vitamin B1 dan B2 pada buah naga merah berdampak positif pada selera makan dimana dapat membantu mengatasi nafsu makan yang rendah. Oleh karena itu buah ini sangat baik dikonsumsi oleh anggota keluarga sehingga nafsu makan mereka tetap terjaga.

Luar biasa bukan manfaat buah naga merah bagi kesehatan dan kecantikan tubuh anda? Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal sebaiknya buah naga merah dikonsumsi secara langsung dan tidak dicampurkan dengan pemanis atau bahan buatan lain secara berlebihan. Apalagi tekstur  buahnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat buah ini bisa langsung dimakan dan dinikmati. Anda tidak perlu repot dan manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal. 

Selain itu, kulit buah naga mengandung polifenol yang sering kita temukan di alam. Ada kemungkinan bahwa beberapa polifenol ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel. Itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa pitaya dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.


Your reaction?

0
LOL
0
LOVED
0
PURE
0
AW
0
FUNNY
0
BAD!
0
EEW
0
OMG!
0
ANGRY
0 Comments